Terkuak! Perdagangan Data Nasabah Bank Marak di Jakarta hingga Surabaya : Okezone Ekonomi

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, perdagangan data nasabah perbankan yang marak saat ini, sudah terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Direktur Market Conduct OJK Bernard Widjaja mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengumpulan informasi maka ditemukan baik di kota besar maupun di daerah sekalipun.

“Kalau dari petugas kami itu sebenarnya maraknya, kalau kami informasikan itu di sekitar Jakarta, Malang, Surabaya dan sekitarnya,” ungkapnya saat dihubungi Okezone di Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Baca Juga: Jual Beli Data Nasabah, Ketua OJK: Masyarakat Harus Paham Ketika Isi Formulir ^(http://economy.okezone.com/read/2017/08/25/320/1762979/jual-beli-data-nasabah-ketua-ojk-masyarakat-harus-paham-ketika-isi-formulir?utm_source=br&utm_medium=referral&utm_campaign=news)

“Tapi maraknya di Jakarta, Surabaya juga dan paling banyak itu, Kalimalang dan Sidoarjo dan sebagainya. Tapi mungkin marak di seluruh kota lain hanya saja mungkin kami penelitiannya baru sampai situ aja,” imbuhnya.

Baca Juga: Kasus Jual Beli Data Nasabah, Dirut Mandiri: Kerahasiaan Bank Memang Isu Sentral ^(http://economy.okezone.com/read/2017/08/24/278/1762386/kasus-jual-beli-data-nasabah-dirut-mandiri-kerahasiaan-bank-memang-isu-sentral?utm_source=br&utm_medium=referral&utm_campaign=news)

Menurutnya, penjualan data nasabah ini karena perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini. Selain itu perbankan juga sudah semakin banyak menggunakan teknologi sehingga semakin mudah data untuk diperjualbelikan.

“Mungkin seperti saya informasikan di awal tadi ya tadi kan dengan perkembangan teknologi, jaringan internet yang baik dan fasilitasnya seperti yang ditawarkan oleh perbankan khususnya asuransi dan sebagainya. Dengan menggunakan teknologi digital di situ memang ada kemudahan mengakses produk layanan yang bersifat teknologi layanan tadi,” tukasnya.

Link ^(http://economy.okezone.com/read/2017/08/25/320/1763351/terkuak-perdagangan-data-nasabah-bank-marak-di-jakarta-hingga-surabaya)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *