Hary Tanoe: Inovasi Penting dalam Perkembangan Bisnis jika Tak Ingin Tergerus : Okezone Ekonomi

JAKARTA – Dalam rangka memperingati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12, Koran Sindo menggelar Malam Apresiasi Inovasi di Grand Ballroom Hotel Westin, Jakarta. Mengusung tema inovasi untuk negeri, Koran Sindo pun memberikan 12 penghargaan terhadap 12 inovasi yang memberi dampak besar untuk negeri.

Dalam sambutannya, Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, inovasi merupakan bagian penting di tengah era kompetisi saat ini. Banyak perusahaan yang sudah bertahan ratusan tahun, tapi tergerus dengan perusahaan baru berdiri akibat tidak berkembangnya inovasi.

Baca Juga: Cerita Hary Tanoe Tentang Awal Lahirnya Koran Sindo hingga Usia 12 Tahun ^(https://news.okezone.com/read/2017/08/29/337/1765757/cerita-hary-tanoe-tentang-awal-lahirnya-koran-sindo-hingga-usia-12-tahun?utm_source=br&utm_medium=referral&utm_campaign=news)

Hary mencontohkan, perusahaan ternama Walmart di Amerika Serikat yang sudah berkembang hingga 3 generasi, namun sekarang posisinya disalip oleh perusahaan berbasis aplikasi Amazon.com.

“Amazon sekarang pendapatannya sudah 2 kali lipat. Ini akibat internet,” kata Hary di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Baca Juga: Hadiri HUT Koran Sindo, Menkominfo Dapat Tumpeng Pertama dari Hary Tanoe ^(https://news.okezone.com/read/2017/08/29/337/1765760/hadiri-hut-koran-sindo-menkominfo-dapat-tumpeng-pertama-dari-hary-tanoe?utm_source=br&utm_medium=referral&utm_campaign=news)

Perkembangan inovasi juga dilakukan oleh Apple yang sekarang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Dalam perkembangannya, Hary menceritakan, Steve Jobs tidak langsung sukses, di tahun 1990-an dia sempat terpuruk bahkan dipecat dari jabatannya.

Namun seiring berjalannya waktu, dia baru sadar bahwa bangun usaha butuh inovasi. Akhirnya, Apple yang tadinya fokus pada pengembangan komputer diubah dengan inovasi membuat produk baru yang dikenal dengan ‘i’.

“Dia buat iPod, iPad, iPhone dengan series, iWatch dan dalam waktu kurang 20 tahun, hari ini Apple menjadi perusahan terbesar di dunia. Nilai fantastis 80% lebih besar dari PDB kita. Sampai Rp10.000 triliun,” ujarnya.

Baca Juga: Hadiri HUT Koran Sindo, Hary Tanoe Akrab Bercengkerama dengan Rudiantara ^(https://news.okezone.com/read/2017/08/29/338/1765670/hadiri-hut-koran-sindo-hary-tanoe-akrab-bercengkerama-dengan-rudiantara?utm_source=br&utm_medium=referral&utm_campaign=news)

Selain itu, inovasi juga dikembangkan dalam produk MNC Group sendiri. Di awal didirikannya media elektronik, RCTI pada 1991. MNC Group berhasil menggembangkan stasiun televisi dengan mendirikan MNC TV dan Global TV dengan segmen berbeda. Kemudian dikembangkan juga media cetak dan online.

“Tidak hanya itu, kami juga lakukan beli TV lokal satu per satu, terkumpul 63 TV dan buat TV jaringan dan jadi iNews,” tukasnya.

Link ^(http://economy.okezone.com/read/2017/08/29/320/1765779/hary-tanoe-inovasi-penting-dalam-perkembangan-bisnis-jika-tak-ingin-tergerus)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *